oleh

Pelepasan Peserta Pentas Seni Kreasi Kabupaten Agam Dalam Acara Apkasi Otonomi Expo 2022

BMC Newss, Agam- Pelepasan beberapa peserta pentas seni dalam kegiatan Apkasi otonomi Expo tahun 2022, Apkasi (Asosiasi pemerintahan kabupaten seluruh indonesia) tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal (22/7/22) s/d (24/7/22) yang bertempat di Hall A Convention Centre, senayan jakarta.

Pelepasan kontingen pentas seni kabupaten Agam dalam kegiatan Apkasi Otonomi Expo tahun 2022, yang di laksanakan langsung di depan kantor dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Agam.

Kegitan pelepasan kontingen pentas seni Apkasi Otonomi Expo tahun 2022 ini secara langsung di lepas oleh kepala dinas pendidikan Drs. Isra M.Pd, dan dihadiri oleh asisten l (satu) bidang pemerintahan, kabid kebudayaan Jupri M.Pd sebagai pimpinan rombongan, dan beberapa anggota pentas seni kabupaten Agam, yang di lepas secara langsung tepatnya pada hari ini, senin (18/7/22).

Kabid kebudayaan, Jupri M.Pd ketika di temui di ruangan kerjanya, “membenarkan ada beberapa anggota kreasi pentas seni yang di hadiri langsung di dalam kegiatan acara Apkasi Otonomi Expo tahun 2022 yang akan di adakan di jakarta, diantaranya ada tiga jenis tari yang akan di persiapkan oleh pentas seni kita dari kabupaten Agam. diantaranya, “tari katan jo goreng” yang bercerita tentang kehidupan masyarakat minang yang rata-rata adalah panggaleh, yang dahulunya, sebelum turun kesawah banyak anak-anak pada pagi harinya menjual katan jo goreng, sehingga banyak pembeli yang sebelum turun kesawah membeli katan jo goreng untuk sarapan, penjual katan jo goreng rata-rata selalu pada pagi hari dan sore hari. selain itu, katan jo goreng adalah salah satu tradisi yang memiliki pilosofi, “katan” adalah lakek sehingga bisa mempersatukan. “goreng”, adalah angek, sehingga bisa di satukan oleh katan, imbuhnya.

Dalam memeriahkan acara Apkasi otonomi Expo 2022 yang di laksanakan di Hall A Convention Centre, senayan jakarta. untuk Provinsi Sumatera Barat sendiri ada dua kabupaten yang terpilih secara Provinsi yang menampilkan seni tari kreasi terbaik diantaranya Kabupaten Agam dan Kabupaten Dharmasraya, sehingga dua kabupaten kota ini masuk kategori tampilan seni tari kreasi secara Nasional yang akan di tampilkan di acara Apkasi otonomi Expo 2022.

Disisi lain ketika di konfirmasi kepala dinas pendidikan kabupaten Agam Drs. Isra M. Pd, senin (18/7/22) diruang kerjanya beliau menyampaikan, “Harapan kami dari dinas pendidikan kabupaten Agam, dalam acara Apkasi otonomi Expo 2022, tim kesenian kabupaten Agam agar bisa mempromosikan daerah dengan seni budaya daerah yang ada, sehingga bisa menarik wisatawan ke daerah nantinya, sehingga bisa berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat. selain itu kami juga berpesan agar tim kesenian bisa tampil secara maksimal, mudah-mudahan bisa tampil lebih bagus sehingga bisa membawa nama baik Kabupaten Agam di tingkat Nasional, sesuai dengan perintah bupati di bidang kesenian dan kebudayaan. selain itu, kesenian tari kreasi kita ini, ada tiga tarian yang akan di tampilkan nantinya, tutupnya.(Hari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *