oleh

DPRD Agam Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Rancangan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2023

BMC Newss-Agam. DPRD Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat mengadakan rapat paripurna dalam penyampaian nota pengantar tentang Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dalam rangka proses penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam, tahun anggaran 2023 mendatang.

Rapat paripurna yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor DPRD Kabupaten Agam tersebut, jum’at (15/7) dipimpin oleh ketua DPRD Agam, Novi Irwan yang didampingi oleh wakil ketua DPRD Marga Indra.

Bupati Agam, Andri Warman dalam penyampaiannya menjelaskan gambaran umum rancangan KUA-PPAS tahun 2023.

Ditambahkannya, “KUA dan PPAS adalah dokumen perencanaan penganggaran yang memuat kebijakan, bidang pendapatan, belanja daerah, dan pembiayaan daerah serta asumsi yang mendasarinya.

Bupati yang kerap disapa dengan AWR tersebut menyampaikan bahwa rancangan KUA-PPAS disusun berdasarkan kondisi ekonomi makro Kabupaten Agam dengan berpedoman kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 yang sudah dibahas pada rapat sebelumnya tentang “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan SDM Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Menuju Kabupaten Agam lebih Maju dengan prioritas pembangunan daerah yang mencakup membangun Birokrasi yang modern dan efektif, meningkatkan kesejahteraan Petani, UKM yang tangguh, pembangunan/pengembangan pariwisata dengan kearifan lokal, pembangunan infrastruktur yang responsive terhadap bencana, Pendidikan unggul, kesehatan murah dan terjangkau serta menjadikan nagari sebagi episentrum pembangunan dengan dukungan perantau.

Dengan prioritas pembangunan tersebut, lebih lanjut AWR berharap target tahun 2023 dalam pencapaian indikator ekonomi makro Kabupaten Agam dapat meningkat sebesar 4,23%.

Sementara itu, pimpinan rapat yang sekaligus ketua DPRD Kabupaten Agam, Novi Irwan ketika diwawancarai terkait rapat paripurna penyampaian nota pengantar rancangan KUA-PPAS APBD tahun 2023 menjelaskan terkait hal tersebut dalam beberapa waktu kedepan akan terus menggodok bersama dengan tim badan anggaran.

Rapat paripurna berlangsung dengan baik dan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis nota pengantar rancangan KUA-PPAS APBD tahun 2023 oleh Bupati Agam kepada pimpinan DPRD Agam.

Selain pimpinan DPRD dan Bupati Agam, rapat paripurna juga dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Agam, Staf ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, camat, pimpinan BUMN, LSM dan wartawan. (Hari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *