oleh

Bupati Mashuri : Apel Bersama Kesiapan Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri1442H Di Masa Pandemi Covid-19

-Nasional-42 views

Bmcnewss.com,Bungo-Bupati Bungo H Mashuri, SP, ME mengikuti Upacara Apel Bersama Kesiapan Pengamanan dan Larangan Mudik Dimasa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 yang digelar di lapangan MTQ Baru, Senin (26/04/2021).

Tampak hadir pada upacara ini Bupati Bungo didampingi Wabup H Safrudin Dwi Apriyanto, S. Pd, Sekda Bungo Drs Mursidi, MM, Kapolres Bungo AKBP Mokhamad Lutfi, SIK, unsur Forkopimda lainnya, Kabid, Kabag di lingkup Pemkab Bungo dan para ASN terkait.

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Bungo AKBP Mokhamad Lutfi SIK.

Pada upacara tersebut, Kapolres membacakan arahan Bupati Bungo H Mashuri yang menyampaikan terkait pengamanan dan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 di masa pandemi covid-19.

“Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Allah subhanahu Wata’ala Tuhan Yang Maha Esa di

mana pada hari ini kita masih diberi nikmat kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri apel bersama kesiapan pengamanan dan larangan mudik hari raya idul Fitri 1440 Hijriyah di masa pandemi covid-19,” kata Kapolres.

Apel kesiapan pengamanan dan larangan mudik hari raya Idul Fitri tahun 2021 ini merupakan langkah strategis kita untuk mewujudkan sinergitas antar stakeholder terkait dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran covid-19 dengan tujuan yang pertama untuk menjamin terlaksananya pencegahan dan pengendalian penyebaran covid-19 pada saat libur hari raya secara terencana terpadu terkoordinasi dan terintegrasi,” pungkasnya.

Kemudian yang kedua untuk memberikan lindungan kepada masyarakat dari ancaman risiko dan dampak penyebaran covid-19 di Kabupaten Bungo.

Yang ketiga untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus covid-19 seperti yang terjadi pada beberapa kali masa libur panjang tahun 2020 termasuk saat libur Natal dan tahun baru 2021.

Presiden Joko Widodo secara khusus menyampaikan keterangan tentang larangan mudik hari raya idul Fitri 2021 ini berdasarkan pengalaman tahun lalu terjadi kenaikan kasus covid-19 setelah 4 hari libur panjang yang pertama saat libur idul fitri tahun 2020 terjadi kenaikan kasus harian covid-19 hingga 93% dan tingkat kematian mingguan hingga 66% yang kedua saat libur panjang pada tanggal 20 sampai 23 Agustus terjadi kenaikan kasus covid-19 hingga 119% dan tingkat kematian mingguan meningkat menjadi 57% saat libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November terjadi kenaikan kasus covid-19 hingga 95% dan kenaikan tingkat kematian mingguan mencapai 75% yang terakhir terjadi kenaikan kasus covid-19 pada saat libur Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021 dengan jumlah kasus yang mencapai 78% dan kenaikan tingkat kematian mingguan hingga 46%,” terangnya.

Berdasarkan pemetaan zonasi covid-19 sampai hari ini Kabupaten Bungo berada pada zona orange bersama 7 kabupaten atau kota dalam provinsi Jambi menunjukkan jumlah kasus covid-19 sudah relatif banyak dalam hal transmisi dan penularannya sejumlah kasus konfirmasi covid-19 di Kabupaten Bungo sebanyak 535 orang dan sudah menyebar ke seluruh kecamatan yang paling banyak terdapat di kecamatan Rimbo Tengah yaitu 156 orang diikuti kecamatan Bungo Dani sebanyak 100 orang berdasarkan sumber penularan yang paling banyak melalui kontak dengan yang termasuk saya dan mabuk sedangkan 76 kasus sebanyak masih dalam perawatan isolasi untuk kasus kematian per 25 April 2021 sebanyak 12 kasus. Kebijakan larangan mudik hari raya idul Fitri 2021 berlaku untuk seluruh ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN karyawan swasta dan seluruh masyarakat Indonesia berlaku mulai 22 April hingga 24 Mei 2021 sedikit saya sampaikan bahwa awal mula disampaikan larangan mudik ada yaitu tanggal 17 bulan ini tanggal 7 sampai tanggal 17 namun masyarakat karena tahu larangan mudik tanggal 7 sampai tanggal 17 mereka berduyun-duyun untuk mudik sebelum tanggal 10 sebelum tanggal tersebut sehingga satgas covid-19.

Untuk itulah dengan dilakukannya apel ini, semoga dapat mengantisipasi arus mudik dan diharapkan adanya kesadaran warga masyarakat sesuai dengan apa yang telah dianjurkan oleh Presiden RI yaitu Bapak Joko Widodo,” tutupnya”.

Sumber :Lensaone

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Update